pondok pesantren langitan tuban jawa timur memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia, siapa sih yang tidak kenal dengan ponpes langitan jawa timur? saya rasa kalian sudah sering dengar dengan pondok langitan. namun pada artikel kali ini saya akan berbagi pengetahuan seputar pondok pesantren langitan tuban jawa timur yang insya allah tidak lama lagi anda mondok disini atau sudah mondok disini?

bagi kalian yang belum mengetahui pondok pesantren langitan jawa timur saya harap untuk baca hingga selesai karna artikel ini sangat berguna bagi anda yang ingin memondokan putra putri anda di ponpes langitan tuban jawa timur ini, mungkin yang pertanyaan yang ada di benak anda sekarang adalah seperti apakah suasana dipondok langitan? bagaimana sistem mengajarnya? atau berapa biaya pendaftaran di pondok langitan jawa timur? tenang... semua akan saya jawab satu persatu sesuai pengetahuan saya mengenai pondok langitan jawa timur.

gambar hanya ilustrasi

pondok pesantren langitan tuban jawa timur adalah sebuah pondok yang sudah berdiri kokoh sejak jaman kolonial atau sejak sebelum indonesia merdeka yaitu sekitar tahun 1852, bagaimana sudah bersejarah bukan pondok langitan ini? dan pondok langitan tuban jawa timur ini berdiri kokoh di sebelah bengawan solo dan luasnya berkisar antara 7 hektare di atas permukaan tanah jawa tersebut, dan kini jumlah santri di ponpes langitan tuban jawa timur ini sudah lebih dari 5500 santri banyaknya.

dari masa kemasa pengasuh pondok pesantren langitan sudah banyak pergantian kepengurusan yang terus memberikan perbaikan pada pondok pesantren langitan ini, mulai darai periode masa KH. muhammad nur dimana masa ini adalah masa perintisan dan dilanjutkan oleh kh. ahmad sholeh dan kh. muhammad khozin sebagai periode masa perkembangan, kemudian berlanjut pada kepengasuhan kh. ahmad marzuki, kh. abdul hadi zahid dan kh. abdullah faqih yang dalam hal ini adalah fase pembaruan.

tahukah anda bahwa pondok pesantren langitan jawa timur ini sudah mencetak para ulama-ulama besar di indonesia, ya benar sekali dalam rentan waktu satu setengah abad saja ponpes langitan tuban jawa timur ini sudah terlihat hasil didikannya, salah satu yang bisa saya sebutkan contohnya adalah seorang ulama besar KH. Kholil bangkalan, KH. Hasyim asy'ari, kh. syamsul arifin dan masih banyak lagi tentunya para jebolan pondok pesantren langitan tuban jawa timur ini.


untuk bisa berada dipondok pesantren langitan jawa timur ini anda hanya bergeser sedikit sekitar 400 meter sebelah ibukota widang, atau kurang lebih sekitar 30 km di sebelah selatan ibukota tuban, dan juga berbatasan langsung dengan desa babat, kecamatan babat, kabupaten lamongan jawa timur dengan jarak sekitar satu kilo meter dari situ. oleh karna itu untuk akses menuju pondok pesantren ini sangatlah mudah dilakukan dengan mode transportasi umum seperti bus, kereta api dan lain-lain karena lokasinya yang sangat strategis di pinggiran kota.

dan di pondok pesantren langitan jawa timur ini ada 3 pondok yaitu:
1. Pondok Putra dan Madrasah Al-Falahiyah
2. Pondok Putri Barat dan Madrasah Al-Mujibiyah
3. Pondok Putri Timur dan Madrasah Ar-Raudloh
Dan untuk masalah biaya pendaftaran masing masing mempunyai syarat pendaftaran yang sama akan tetapi ada beberapa perbedaan biaya pendidikan didalamnya.

untuk syarat pendaftaran dan biaya masuk pondok pesantren langitan tuban jawa timur ini akan saya berikan di link berikut ini semoga anda akan lebih jelas kedepannya setelah melihat link berikut : syarat pendaftaran pondok langitan

mungkin ini saja yang bisa saya informasikan kepada anda sekalian semoga bermanfaat ya kawan semuanya.