pondok pesantren la tansa banten adalah ponpes yang metode belajar mengajarnya dengan sistem modern yang terletak di daerah parakansantri lebakgedong lebak provinsi banten. rupanya pondok pesantren la tansa sangat diminati di tanah banten, hal itu dapat dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah santri la tansa banten tiap tahunnya di kala pembukaan pendaftaran santri baru.

pondok pesantren la tansa banten ini sudah berdiri kokoh di atas sebuah lembah dengan luas sekitar 13 hektare (ha) dan juga di sekitar pondok la tansa banten ini di kelilingi oleh aliran air sungai ciberang dan gunung-gunung serta bukit-bukit hijaupun tak luput ada di sekitarnya.

santri yang mondok disini tidaklah hanya berasal dari lebak banten saja, namun dari penjuru daerah banten pun sudah hampir semuanya ada, bahkan dari luar provinsi banten juga banyak, seperti lampung, jawa barat dll.
pendiri pondok ini adalah Drs. K.H. Ahmad Rifa'i Arief (alm) sekaligus juga sebagai pemimpin pondok pesantren daar El-Qolam (pasir ginting, jayanti, tangerang, banten).


kini pondok pesantren la tansa lebak banten sudah mulai berkembang pesat, hal itu sudah terlihat dengan dibukanya pondok pesantren la tansa 3 kun karima di kecamatan majasari, pandeglang-banten pada tahun 2007. sementara itu pondok pesantren la tansa lebak banten 2 akan segera dibuka pada tahun ajaran 2018-2019 yang terletak di kampus la tansa mashiro rangkas bitung-banten.


semantara itu pembangunan terus di kebutkan untuk pondok pesantren la tansa 4 dan 5 yang berlokasi di cipanas, lebak banten. pondok pesantren la tansa lebak banten juga menyediakan MTS, SMA/SMK di dalamnya jadi bagi santri yang ingin mondok sambil sekolahpun bisa di ponpes la tansa banten ini. untuk siswa SMA/SMK disini melakukan program sekolah 4 tahun pembelajaran, namun itu hanya berlaku pada siswa yang baru pertama kali mondok+sekolah di la tansa banten pada jenjang sma/smk, karena untuk tahun pertama siswa/santri baru ponpes la tansa diajarkan untuk menyesuaikan/penyetaraan materi kepondokan dan kebahasaan setingkat dengan materi kelas 1 dan 2 yg dulu lulusan mts-nya dari pondok la tansa lebak banten. jadi untuk siswa/santri lama la tansa banten yang ingin sekolah sma/smk di la tansa hanya 3 tahun saja karena mereka sudah pandai berbahasa arab sedikit-sedikit dan materi pondok lainnya.

untuk masalah fasilitas pondok pesantren la tansa banten ini sudah menyediakan banyak sekali fasilitas di dalamnya, mulai dari kampus santri milik sendiri, ruang belajar, sarana perkantoran, lab biologi, lab kimia, lab komputer, lab, bahasa, lapangan olahraga meliputi sepakbola, voli, futsal, basket, tenis meja dan GOR bulu tangkis, serta gedung pertemuan. bagaimana menurut anda apakah pondok pesantren la tansa banten sudah elit bukan?

walaupun pondok pesantren la tansa banten ini modern namun untuk ekstrakulikuler terdapat juga pengajaran kitab-kitab kuning (salafy) dan dipondok la tansa ini di ajarkan untuk disiplin berbahasa  arab dan inggris setiap harinya.

bagi anda yang ingin mendaftarkan putra putri anda di pondok pesantren la tansa namun belum tahu rincian biayanya? tenang karna kami akan arahkan anda ke laman rincian biaya pendaftaran di pondok la tansa banten , silahkan anda klik link tadi, namun jika anda belum klik silahkan klik disini untuk lebih detailnya.


mungkin ini saja sekilas profil pondok pesantren la tansa lebak banten semoga bermanfaat.
wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
pondok pesantren la tansa lebak banten- silahkan kirimkan komentar dibawah jika anda ingin bertanya seputar pondok pesantren la tansa banten.