perbedaan teknik informatika dan sistem informasi-  kali ini saya mau bahas dari request kalian semua mengenai pertanyaan yang sering sekali membuat bingung anda sekalian tentang perbedaan teknik informatika dan sistem informasi khususnya yang mau lanjut kuliah tahun depan setelah lulus SMA atau SMK tahun ini ya guys.

jika kalian masih bingung dan akhirnya nyampe deh ke blog saya sekarang untuk cari tahu apa itu perbedaan teknik informatika dan sistem informasi hehe :) okelah mari kita pecahkan bersama masalah anda.

jurusan kuliah Teknik Informatika biasanya diisi oleh orang orang yang ingin menjadi programmer nantinya.

di dalam jurusan Teknik Informatika, nanti yang kamu akan pelajari adalah ilmu dan teknik yang membahas berupa pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi dari komputer melalui proses logikaan pastinya.

oleh sebab itu nanti di jurusan teknik informatika mata kuliah yang banyak kamu jumpai akan lebih banyak berfokus pada sebuah logika bahasa pemrograman (programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak ( IT software).

dalam ilmu pemrogramman atau programming kamu sudah tahu kan apa saja yang dikuasai? yang harus dikuasai di pemrograman biasanya bahasa pemrograman WEB seperti HTML, PHP MYSQL, JAVA SCRIPT dan lain sebagainya, bagaimana guys pusing tidak? hehe.

Di beberapa tempat universitas di indonesia, jurusan kuliah Teknik Informatika juga disebut dengan Ilmu Komputer. 

jadi gimana gusy sudah ada gambaran kan kalau jurusan teknik informatika ini rada rada susah bagi yang belum mengenal bahasa pemrograman sebelumnya, so jadi jangan coba-coba masuk jurusan ini ya kalau hanya untuk bergaya atau lain sebagainya karna jurusan ini memang harus memiliki ketelatenan dan niat yang tinggi.



gambaran teknik informatika dan sistem informasi



Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan berupa informasi untuk manajemen dalam mengambil sebuah keputusan dan juga untuk menjalankan sebuah operasional perusahaan, dan di mana didalam sistem tersebut adalah sebuah kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. 



tak jarang juga biasanya sebuah perusahaan yang menyediakan sebuah sistem informasi untuk memanajemen perusahaannya. Sebagai contoh: sebuah Perusahaan toko buku yang memiliki sistem informasi yang menyediakan berupa informasi dari penjualan buku-buku ditoko setiap harinya, serta stok dari buku-buku yang tersedia, dengan adanya sebuah data informasi tersebut, seorang manajer bisa dengan mudah nantinya dalam membuat sebuah kebutusan, stok buka apalagi nanti yang akan mereka sediakan ditoka mereka nantinnya?

seorang manajer toko tersebut juga bisa mengetahui buku apa saja yang paling diminati dan dibeli oleh banyak konsumen?, sehingga dengan adanya sistem informasi tersebut sebuah perusahaan toko buku bisa memutuskan dengan cermat untuk mentipkan stok buku yang laris tersebut jumlah stocknya bisa dipersiapkan lebih banyak dari buku lainnya.




Kurikulum sebuah Program Studi Sistem Informasi bersifat khas karena telah dibangun di atas tiga bidang didalamnya yaitu:
komputer
manajemen
bisnis

biasanya Mahasiswa yang ada di jurusan sistem informasi akan dibekali dengan sebuah kemampuan dasar diantaranya adalah: pemrograman
jaringan komputer
basis data
pengembangan software
dsb.

jadi didalam sistem informasi nanti kamu harus pandai pandai mengambil dan lebih fokus kedalam sebuah analisa seperti toko tadi yang sudah saya jelaskan diatas.

jadi gimana sekarang sudah ada gambaran belum mengenai perbedaan teknik informatika dan sistem informasi yang saya jelaskan diatas temen temen sekalian?