pondok pesantren ushuluddin kalianda adalah salah satu pondok pesantren yang termasuk terbaik di lampung, ya..benarrr...pondok usuludin sudah bisa dikatakan bisa menyaingi lulusan yang berguna di masyarakat nantinya seperti pondok-pondok terkenal lainnya di lampung mulai dari darul a'mal metro, raudlotul qur'an metro dan tentunya masih banyak lagi.

pondok pesantren ushuluddin diasuh oleh K.H. Ahmad Rafiq Udin yang sangat pandai sekali mengarahkan para santri untuk berjiwa mandiri dan tentunya berakhlak mulia, ponpes ushuluddin lampung selatan terbilang masih sangat muda karena didirikan pada tahun 2001 yang ber alamatkan di jl. trans sumatra desa blambangan kecamatan penengahan kabupaten lampung selatan.


gambar hanya pelengkap


   sistem mengajar di pondok pesantren ushuluddin kalianda ini menggunakan metode modern yaitu lebih banyak menggunakan bahasa-bahasa modern seperti bahasa arab dan juga inggris tidak mengfokuskan ke kitab kuning yang notabennya bahasa jawa alus atau romo inggil.

baca juga : pondok pesantren roudlotul qur'an metro lampung
baca juga : pondok pesantrendarul a'mal metro lampung    


yang menarik di pondok ushuluddin ini adalah yaitu pengembangan ekonomi melalui unit usaha produktif yang menjadi salah satu yang di kembangkan di  pondok pesantren ushuluddin kalianda, karena di usuludin tidak hanya dibekali ilmu agama. Tetapi mereka juga memiliki keahlian lainnya yang dapat menjadi bekal saat kembali ke kehidupan bermasyarakat, Seperti budi daya ikan lele menggunakan teknologi bioflok, tentunya kegiatan ini akan menciptakan kemandirian ekonomi pesantren, dan pondok pesantren ushuluddin kalianda dapat berkembang tanpa harus tergantung dengan donatur dari pihak lain.

kalau masalah prestasi ponpes usuludin kalianda lampung ini sudah tidak usah di ragukan lagi, karena hampir tiap tahunnya pondok usuludin lampung ini selalu menjadi juara di berbagai ajang perlombaan mulai dari juara I tingkat provinsi lomba debat menggunakan bahasa Arab dan Indonesia dua tahun berturut-turut, serta melaksanakan bahasa Arab dengan metode mustaqilli. 

Kemudian menjadi percontohan nasional, yakni Pramuka mewakili Provinsi Lampung ke tingkat nasional dan masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa di sebutkan satu persatu. santri di ushuluddin tidak hanya berasal dari lampung selatan saja, namun dari berbagai penjuru lampung mulai dari way kanan, pringsewu, lampung barat dan lain-lain.