sma atau smk teks tanggapan kritis yang wajib kamu baca sebelum daftar sekolah- halo...salam munyai....bingung ya mau lanjut ke mana habis smp/mts? tenang pada kali ini saya akan bahas seputar baik dan buruknya SMA dan SMK tentunya kali ini saya akan bantu kalian untuk hadapi masalah kalian semua, anda bingung ingin meneruskan kemana, SMA atau SMK? Kalian tidak bisa sembarangan dalam menentukan mau lanjut kemana, karena pilihan anda sekarang sangat berdampak pada masa depan kalian, tentunya kalian harus pandai-pandai menilai kelebihan dan kekurangan diri anda sekalian untuk di pertimbangkan cocoknya di sma atau smk.
hayoo mau pilih mana smk atau sma ya .....hehe.


baca juga : pondok pesantren darul a'mal metro lampung 
baca juga : pondok la tansa banten pesantren megah di banten

jika kalian tidak ingin kuliah dan langsung kerja saya sarankan anda untuk masuk ke smk, karena di smk anda akan di bimbing untuk kesiapan kerja nanti, di smk anda hanya di beri sedikit materi tetapi banyak praktek-nya.namun sebaliknya jika di sma anda akan diberi banyak teori sehingga anda diajak untuk berikir banyak dan memiliki pengetahuan yang luas.
masih bingung pilih smk atau sma? tenang...!!!
Siswa SMK memang dipersiapkan untuk langsung bekerja saat ia lulus, sebaliknya untuk siswa SMA lebih dipersiapkan untuk masuk perguruan tinggi terlebih dahulu sebelum selanjutnya dipersiapkan untuk bekerja.

tetapi bagaimana jika anda lulusan smk tetapi ingin lanjut kuliah? tentu saja bisa, tetapi ada batasanya, hanya beberapa jurusan saja yang diperbolehkan. Berbeda dengan SMA yang hampir semua jurusan bisa dimasuki karena memang SMA dipersiapkan untuk bekerja.
nahhh...kalau anda lulusan sma tapi mau bekerja bisa gak pak? Bisa saja dong, anak mts aja bisa kok langsung kerja wkwkwk.... tetapi di masa sekarang persaingan sangat ketat sekali dalam mencari pekerjaan, ijazah SMA sangat sulit sekali untuk memperoleh pekerjaan jangankan sma, S1 saja sulit kalau tak ada bakatnya, walaupun mendapat pekerjaan, gaji yang didapatkan tidak terlalu besar. Jadi bagi anda yang ingin memilih jurusan SMA ada baiknya untuk memikirkan terlebih dahulu kedepannya untuk lanjut ke kuliah. gimana masih bingung nentuain sma atau smk?


Dengan melihat beberapa pendapat seseorang diatas tadi, siswa SMK jauh lebih dipersiapkan untuk bekerja, sedangkan jurusan SMA lebih difokuskan untuk kuliah terlebih dahulu. Sekarang pilihan ada ditangan Anda. kalau masalah dana tentunya lebih mahal smk perbandinganya begini bro ibaratnya, kalau kamu pilih sma kamu akan habis uang 10 ribu, tapi kalau kamu pilih smk kamu akan habis uang 12 ribu....begitulah kira-kira perbandingan dana antara sma atau smk.

mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat...amiiiin dan tentunya anda memiliki gambaran akan terjun ke sma atau smk setelah lulus smp atau mts nanti.