Profil Desa Ruguk kecamatan ketapang lampung selatan- Desa ruguk adalah desa yang terletak di Kecamatan Ketapang, kabupaten Lampung selatan, provinsi lampung. Desa ini merupakan desa yang paling tertua di kecamatan ketapang karena desa ini berdiri sejak zaman colonial Belanda.

untuk penamaan kata RUGUK sendiri yang konon artinya adalah merindukan seseorang yang tiada hentinya (dalam bahasa lampung). Desa Ruguk merupakan Desa Induk yang terdiri dari 13 dusun dan 30 Rt yang di antaranya adalah dusun sumber jaya, mekar jaya, umbul bata, taman harum, taman rejo, pepandu, tasik, kayulana, lebak, umbul mantri, ruguk dalam, sidorejo, dan masih banyak lagi yang tidak bisa di sebutkan satu persatu.

sebagian besar mata pencaharian di desa ini adalah sebagai petani(sawah,kelapa,jagung,karet) dan nelayan(perangkap ikan,budidaya rumput laut) dan sebagian besar lainnya juga ada yang berdagang (warung), dan wirausaha lainya karena desa ini terletak di pesisir jalan lintas timur dan pegunungan/dataran tinggi dengan ketinggian 300 meter diatas permukaan laut (MDPL).

Desa Ruguk sendiri berada di pinggiran wilayah administrasi Kabupaten Lampung Selatan dengan luas wilayah 32,5 Km persegi, dengan rincian lahan sawah 300 Ha,
Tanaman Jagung 357 Ha, Tanaman Kelapa, pisang 345 ha.
untuk jarak kantor desa ini menuju kota kecamatan berkisar 12 km, sedangkan untuk menuju Ibu Kota Kabupaten(kalianda) berkisar antara 30 Kilometer. jika Dilihat dari batas wilayah administrasi Desa Ruguk Berbatasan langsung dengan :

Barat     : Desa Hatta Kecamatan Bakauheni
Utara     : Desa Tridarmayoga, legundi
Timur    : Selat Sunda 
Selatan  : Desa Sumur

jumalah penduduk di desa ini mencapai 4.981 jiwa lebih yang terdiri dari 2.499 jiwa penduduk laki – laki dan 2.482 jiwa penduduk perempuan, dengan kepadatan rata-rata 61 jiwa/Kilometer persegi. Sedangkan laju pertumbuhan penduduk 0,04%. Hal ini menunjukkan bahwa laju pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan.
hampir sebagian besar penduduk di desa ini menganut agama Islam(70%), agama hindu/bali(28%) dan sisanya adalah kristen(2%).

kesenian reog ponorogo dari ruguk

untuk fasilitas sebagai penunjang kemajuan desa, di desa ini telah tersedia beberapa fasilitas yang di antaranya adalah terdapat 6 Posyandu, 1 Pustu(puskesmas pembantu)/Poskesdes. Untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sakit nantinya, telah tersedia Puskesmas yang berlokasi di Kecamatan ketapang dengan jarak tempuh 13 km, dan bagi yang memerlukan perawatan di Rumah sakit, telah tersedia juga rumah sakit daerah dengan jarak tempuh 30 km dari desa tepatnya berada di kota kalianda lampung selatan.

selain itu terdapat juga 2 PAUD, 4 SD/MI dan juga 2 MTS, sedangkan fasilitas untuk masalah spiritual di desa ini telah tercatat terdapat 17 mushola(masjid kecil), 12 MASJID dan 2 PURA.
tak hanya itu di desa inipun terdapat group kesenian jaranan dan reog ponorogo serta tim bola kaki dan voli.

tahukah anda ? siapa sajakah yang pernah menjabat menjadi kepala desa ruguk? berikut jawabannya :

inilah sejarah silsilah kepala desa ruguk dari tahun kolonial sampai sekarang

1. Kriya Ilagati periode tahun 1959 s/d 1978
2. M Saleh periode tahun 1978 s/d 1980
3. M Jaya  periode tahun 1980 s/d 1988
4. M Kamali as'ari periode tahun 1988 s/d 1998
5. Suherman  periode tahun 1998 s/d 2006
6. Abu hasan R periode tahun 2006 s/d 2012
7. Saiful, Se periode tahun 2012 s/d 2018